Subscribe Us

header ads

iPhone 4 Lebih Personal

Apple iPhone 4


iPhone 4 lebih personal daripada pendahulunya, untuk pertama kalinya anda dapat bertatap muka  untuk melakukan chating video dan Apple sekarang menyempurnakan kameranya yang dipakai penggunanya untuk merekam memori – memori berharga. Lebih personal buat pemakainya, tidak hanya fungsi merekam, akan tetapi juga untuk konten-konten lainnya seperti aplikasi-aplikasi, website, iTunes Video. Semua itu karena adanya tampilan ultra-sharp Restina pada ponsel ini. iPhone 4 saat ini adalah smartphone dengan ukuran paling tipis di pasar serta memiliki baterai lebih kuat dibandingkan dengan iPhone 3GS. iPhone 4 sebagai superphone telah menimbulkan terobosan baru diantara pesaing-pesaing raksasanya seperti HTC Evo 4G dan Motorolla Droid X.

Mempunyai body ramping yakni 0.37 inci, tidak ada smartphone yang lainnya yang seramping ini di pasar meskipun dibandingkan dengan Evo 4G maupun Droid X. iPhone 4 lebih kurus dan sempit dibandingkan dengan 3GS meskipun keduanya memiliki bobot yang sama 4.8 ons.
Peralatan ini kelihatan lebih mahal daripada harganya sendiri, dengan balutan kaca yang dikeraskan secara kimiawi menimbulkan kilatan pantulan diatas baja stainless.

iPhone 4 memiliki baja silver yang mana Apple mengklaimnya sebagai  bahan logam yang lima kali lebih kuat daripada baja normal yang membungkus seluruh badan ponsel. Disisi atas terdapat tombol power serta  jack 3.5 mm untuk headphone serta microphone dengan 2 fungsi (digunakan untuk waktu panggilan dan mengurangi kebisingan).
Perbandingan Hasil Kamera


Tidak seperti smartphone yang lainnya kualitas mengambil gambar diperbesar dengan cara menambah ukuran megapixelnya, maka Apple memfokuskan memasang kamera iPhone 4 hanya dengan kapasitas resolusi 5 MB, Apple fokus pada kecerahan gambar tanpa harus melakukan flash meskipun fasilitas untuk flash sudah ada di ponsel iPhone 4.
Terdapat perbedaan kualitas gambar antara  iPhone 4 dan iPhone 3GS, iPhone 4 lebih menyajikan kedetailan gambar dan kemampuannya yang lebih dalam merendering warna sementara iPhone 3GS kekurangan dalam menangkap sinar matahari sehingga gambar kelihatan keabu-abuan.
Dibandingkan dengan Droid X, kedalaman warna kamera  iPhone 4 lebih besar meskipun Droid X sudah memakai Flash dan resolusi lebih besar 8 MB.


Sementara ponsel-ponsel smartphone  lainnya yang berusaha untuk menyediakan display layar dengan ukuran besar guna menampung informasi-informasi pada sekali tampil ataupun juga seperti teknologi Super Amoled  yang identik dengan visualisasi yang bersifat Outdoor, maka Apple dengan iPhone 4 nya berjalan berlainan. Interface yang dimiliki iPhone 4 memakai Retina Display, dinamakan Retina Display karena Apple mengklaim bahwa customer tidak akan dapat membedakan tampilan pixel-pixel dalam iPhone 4 secara individual. Retina Display  lebih memperjelas tampilan pixel-pixel per satuan inci pada layar. Mempunyai resolusi 940 x 640 pixel, 326 dpi dua kali lebih besar daripada versi sebelumnya 3GS. Sedangkan Motorolla Droid X’s  display layar lebih besar sedikit (4.3 inci), tetapi resolusi lebih kecil (854 x 480 pixels).
Telah dilakukan percobaan pengukuran kecepatan browsing dengan Speedtest.net. Aktivitas browsing internet yang dimiliki Retina Display  lebih cepat  dibandingkan dengan versi 3GS, sekitar 11 banding 19 detik pada saat menuju halaman suatu situs untuk pertama kali, kemudian 8 banding 14 detik pada waktu yang kedua, dan 13 banding 26 detik untuk waktu yang ketiga kalinya.

Kekurangan di iPhone 4 dalam wilayah web  ialah data hanya dapat di sharing melalui USB atau Bluetooth , tidak seperti Evo 4G dan Droid X yang mempunyai aplikasi hotspot.


Map menggunakan data dari Google.
Sistem operasional iOS  dapat menjalankan apilkasi navigasi di background.
Dengan memakai processor A4 kepunyaan Apple yang digabung dengan kapasitas RAM 512 MB (dua kali dari versi 3GS) iPhone 4 di disain untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus secara bersamaan dan anda dapat berpindah – pindah dari aplikasi satu ke aplikasi yang lain dengan mudah dan cepat, tidak seperti Droid X, ponsel ini tidak mengalami kemacetan disaat usernya melakukan perpindahan dalam menjalankan aplikasi diantara home screen.
iPhone 4 telah memasang  sebuah hardware three-axis gyroscope, hardware ini dapat mengenali sesuatu seperti putaran dan rotasi, membuat control lebih akurat dalam game.





Terdapat dua pilihan versi pada iPhone 4, yakni iPhone 4 dengan kapasitas internal memory 16GB dan iPhone 4 dengan kapasitas internal memory 32 GB.
Jaringan
2G Network : GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G Network : HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
Data
GPRS :
Class 10 (4+1/3+2 slots), 32 - 48 kbps
EDGE :
Class 10, 236.8 kbps
3G :
HSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps
WLAN :
Wi-Fi 802.11 b/g/n
Bluetooth :
Versi : v2.1 with A2DP
Kamera
Utama
Resolusi : 5.2 MegaPixels, 2592 x 1944 pixels
LED : Flash
Fitur : Touch Focus, Geo-tagging
Kedua
Panggilan Video lewat Wi-Fi
Video
720p@30fps, LED video light, geo-tagging
Display
Type
LED-backlit IPS TFT, capacitive touchscreen
OLED Screen, 16 MB colors
Ukuran : 3.5 inci
Resolusi : 640 x 960 pixels
Fitur Lain :
Three-axis gyro sensor
Permukaan anti gores - oleophobic surface
Multi-touch input method
Accelerometer sensor for auto-rotate
Proximity sensor for auto turn-off
Disain
Type : Tablet Smartphine
Ukuran
115.2 x 58.6 x 9.3 mm
Bobot
137 g
Memory
Phonebook
Tak terbatas, Fitur : Photocall
Call Records
100 penerimaan, dialed and missed calls
Internal Memory
16 GB atau 32 GB
CPU Memory
512 MB RAM
Card Slot
Tidak ada
Software
OS / Sistem Operasional
iOS 4
CPU
1.2 GHz Apple A4 processor
Fitur-fitur
Perpesanan
SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email
Browser
HTML (Safari)
Game
Downloadable, incl. motion-based
GPS
Dengan A-GPS support
Radio
Tidak ada
Java
Tidak ada
-MicroSIM card support only
-Scratch-resistant glass back panel
-Active noise cancellation with dedicated mic
-Digital compass
-Google Maps
-Audio/video player and editor
-Voice command/dial
-TV-out
Baterai
Standard battery, Li-Po 1420mAh
Standby : 300 jam (2G) / 300 jam (3G)
Waktu Bicara : 14 jam (2G) / 7 jam (3G)
Video Playback : 18 jam
Music Playback : 48 jam