Subscribe Us

header ads

Apakah CDMA itu

CDMA kepanjangan dari Code Division Multiple Access. Dipergunakan untuk komunikasi digital, teknologi wireless dengan system multiplexing. Dibandingkan dengan System komunikasi yang masih konvensional masih menggunakan frekuensi konstan namun CDMA sudah menggunakan akses multiple/ganda atau istilahnya multiplexing. Multiplexing menggunakan frekuensi yang bervariasi untuk mentransmisikan sinyal-sinyal radio. Lalu sinyal-sinyal audio tadi dipasangkan dengan code division yang membutuhkan semacam kode tertentu untuk mengirim dan menerima frekuensi, yang selanjutnya melindungi komunikasi CDMA dari gangguan-gaangguan sinyal lain.

System radio merupakan bentuk yang paling pertama dalam telekomunikasi . Frequency Division Multiple Access (FDMA) merupakan yang pertama digunakan dalam komunikasi wireless, hanya user yang diperbolehkan yang dapat mengoperasikannya pada sebuah single frekuensi. Saat dilakukan tuning pada radionya untuk mendapatkan suara pendengarnya harus memilih salah satu frekuensi yang tepat untuk mendapatkan suara yang jernih pada spectrum.
Seperti halnya dengan sistem radio yang dipindahtangankan dari dunia militer untuk penggunaan seara komersial. CDMA menjadi pilihan awal bagi komunikasi personal karena mengijinkan beberapa user untuk berkomunikasi diantara spectrum, menghindari gangguan atau blocking antar user. Pada tahun 1999 CDMA menjadi standar teknologi untuk industry telekomunikasi lalu tumbuh berkembang menjadi system wireless. Sejak saat itulah banyak nomor-nomor dalam system komunikasi CDMA, code division menjelaskan bahwa setiap sinyal user masih tersisa secara terpisah dalam bagian spectrum setelah setiap aktivitas berkomunikasi .


Post a Comment

0 Comments