Subscribe Us

header ads

Tips dalam Membeli Ponsel


Perkembangan dunia ponsel begitu pesat, jika anda bingung saat hendak  melakukan pembelian sebuah ponsel ada beberapa tips yang mungkin dapat berguna :


1.       Pertimbangkan mengenai penampilannya

Anda dapat melihat jenis- jenis ponsel lewat media internet. Atau mungkin langsung pergi ke toko dan mensurvei sebelum membelinya. Perkirakan mengenai berat dan menu-menunya apakah mudah dipahami. Lihat juga pada tata letak dari keyboardnya maupun tombol-tombol yang lainnya. Ponsel yang ukurannya relative kecil biasanya mempunyai tombol-tombol yang kecil pula sehingga terasa sulit dan cukup melelahkan apabila saat kita hendak menulis pesan atau melakukan panggilan.


2.       Harga

Beli ponsel yang sesuai  dengan kondisi budget anda. Jangan terlalu memaksa sehingga pada akhirnya menimbulkan hutang yang menjadi pengeluaran baru pada  jenis pengeluaran pokok anda. Ingatlah bahwa para konsumen elektronik : harga mereka selalu menurun. Jika misalnya saat ini tak dapat membeli ponsel dengan fitur high video, tahun depan mungkin anda dapat membelinya.
3.       Pertimbangkan mengenai fungsi yang anda butuhkan dan anda inginkan
Fungsi dasar ponsel adalah mengirim dan menerima SMS. Disamping itu juga ada kalkulator. Dan yang lainnya yang utama adalah tersedianya sarana untuk menerima dan mengirim panggilan. Lebih canggih ponsel ditambahi dengan fitur-fitur kamera digital, MP3 dan Video Player. Computer game dan fitur-fitur lain.
Pilih ponsel dengan fitur-fitur yang benar – benar akan anda gunakan dan jangan membuang ongkos dengan fungsi – fungsi yang jarang anda digunakan atau fungsinya sudah ada pada peralatan elektronik anda yang lain.



4.       Periksa Suara dan Display Ponsel

Apakah anda ingin memakai ponsel untuk melakukan panggilan dengan pengaturan volume yang keras? Jika seperti itu maka perlu anda cek volumenya dan sampai seberapa besar bisa didengar. Dan pastikan bahwa pengaturan volume ponsel cukup mudah bagi anda untuk memakainya pada saat dibutuhkan dan pastikan bahwa kekuatan volumenya sesuai dengan yang anda butuhkan. Perhatikan pula Display atau tampilan layar serta pertimbangkan warnanya. Display merupakan fitur utama pada setiap ponsel. Pastikan display mudah terbaca bahkan pada kondisi kurang pencahayaan. Anda dapat mengecek fitur-fitur ini  di internet atau anda merasa lebih baik langsung datang ke toko lalu mengujinya secara fisik. Jika anda berencana membeli ponsel dengan display warna maka anda harus mengerti kualitas warna dan resolusinya bahwa setiap ponsel berbeda-beda sesuai dengan modelnya. Jika anda ingin melihat video atau melihat gambar-gambaar foto yang ditangkap dari ponsel anda maka anda membutuhkan sedikitnya 65.000 warna. Kualitas warna ditunjukkan dengan jumlah angka warna, semakin tinggi jumlahnya maka semakin tinggi kualitas gambarnya.



5.       Periksa kualitas ringtone

Nada polyphonic memungkinkan suara ringtone seperti paduan dari banyak permainan  instrumen  musik   yang terdengar bersamaan , nada polyphonic adalah fitur pada kebanyakan jenis ponsel terbaru. Sebagaimana dengan warna, kualitas ringtone juga terukur dengan jumlah angkanya. Jika retailer anda bilang “ponsel ini memiliki 16 polyphonic, itu berarti 16 instrumen dapat didengar dari ringtone. Jika anda mengiginkan suara yang bagus maka sedikitnya yang anda butuhkan adalah sebeasar 16.


6.       Berapa lama batery dapat bertahan
Masa aktif battery adalah hal penting, rata-rata dari pengguna hanya menyakan tentang waktu bicara/talk time dari masa battery. Akan tetapi waktu stand-by  adalah yang lebih penting, terutama pada anda yang tidak ingin membawa charger kemana-kemana. Sudah umum bahwa battery ponsel memiliki kapasitas 3 sampai 7 jam waktu bicara, tetapi


7.       Aksesoris apa saja yang ikut didalamya

Pada umumnya ponsel dipaket dengan battery dan chargernya, tetapi ada beberapa aksesoris yang mungkin berguna yang ikut dimasukkan dalam kemasan paket. Periksa apakah ponsel disertai dengan battery cadangan, earphone, casing, dll. Jika anda membutuhkan aksesoris – aksesoris ini dan mereka hanya menyediakan beberapa pilihan saja, maka anda akan menambah biaya lebih dari perkiraan anda. Jika aksesoris adalah bagian dari perjanjian pembelian, maka anda akan mendapatkan kesempatan tawar-menawar jika aksesoris tidak terjamin ada. Juga jika anda tidak begitu membutuhkan aksesorisnya, tetapi anda akan membelinya belakangan maka pastikan aksesoris tersebut mudah diperoleh dipasaran.


8.       Sale Services / Pelayanan Purna jual

Apa yang akan anda lakukan jika ponsel anda mengalami kerusakan, tentu saja anda perlu mengetahui dimana untuk mendapatkan service dan bagaimana anda diberikan pengganti selama masa perbaikan ponsel. Cermati tentang layanan purna jual sebelum memilih lokasi dimana anda akan melakukan pembelian.




Artikel Terkait
Tip Menghemat Baterai Ponsel


Post a Comment

0 Comments