Subscribe Us

header ads

USB –on-the-go





USB –on-the-go atau dikenal dengan sebutan OTG merupakan sebuah suplemen portable untuk system spesifikasi USB versi 2.0 yang memungkinkan adanya koneksi secara langsung. Dengan kata lain, dengan adanya OTG kita dapat melakukan hubungan secara langsung diantara peralatan-peralatan yang mempunyai port USB tanpa harus membutuhkan sebuah PC komputer sebagai penengah.

OTG dapat melewati teknologi Bluetooth dalam hal koneksi - meski Bluetooth merupakan teknologi koneksi yang sangat penting namun dengan Teknologi OTG membuat komunikasi antar peralatan menjadi semakin lebih mudah – maka para manufaktur peralatan-peralatan elektronik perlu untuk menyediakan fitur OTG pada produknya.

Saat sekarang telah banyak OTG diintegrasikan dengan sebuah peralatan – peralatan misalnya sebuah ponsel. Dengan adanya OTG pada ponsel maka penggunanya dapat menghubungkan ponselnya dengan peralatan lain yang mempunyai port USB secara langsung tanpa harus menghubungkannya terlebih dahulu dengan CPU computer misalnya menghubungkan ponsel secara langsung dengan kamera digital, printer, portable CD-ROM, portable keyboard, MP3 player, dan masih banyak lagi. Dengan adanya dukungan OTG misalnya kita dapat mengkopi data file foto dari kamera digital menuju ponsel secara langsung – karena secara otomatis telah tercipta proses sinkronisasi secara langsung antara data dalam ponsel dengan kamera digital.
Melihat jumlah peralatan di luar sudah banyak yang memakai teknologi USB maka Teknologi USB-On-The-Go bisa dipakai semua orang dan akan bersaing dengan teknologi Bluetooth di pasar secara langsung.


Meskipun kebanyakan peralatan – peralatan harus membutuhkan system hardware dengan system driver spesifik yang khusus yakni USB membagi pheriperal menjadi empat kelas yakni Human input, Audio/Suara, Mass storage dan komunikasi. Namun setiap peralatan yang sudah mencakup salah satu dari kelas driver diatas dapat sudah dapat berkomunikasi langsung dengan peralatan-peralatan yang mempunyai fitur OTG.

Post a Comment

0 Comments