Subscribe Us

header ads

FITUR BARU ANDROID 6.0 MARSHMALLOW SETELAH LOLLIPOP



Persaingan OS terus kian berlanjut yakni antara Google dengan Apple, kali ini Google mengupdate OS nya dengan sebutan Android 6.0 Marshmallow yang mejadi kunci perubahan adalah bertambahnya fitur fungsi pencarian yakni Google Now namun dalam sistem Android 6.0 Setidaknya ada 13 Kelebihan lainnya dalam yang tidak dapat ditemukan pada Android 5.0 Lollipop.


Berikut Keunggulan Fitur Android Marshmallow :

1. Google Now lebih mengerti


Google Now merupakan fitur baru terbesar pada Android 6.0 , dengan menekan dan menahan tombol Home fitur Google Now akan muncul Google Now dibuat agar lebih mengerti keinginan user karena memiliki banyak sekali konten sebagai fitur penyedia berbagai macam informasi . Dibuat agar lebih mengerti keinginan user daripada versi sebelumnya yang secara otomatis fitur ini menyajikan informasi informasi yang yang bisa teridentifikasi secara relevan karena terhubung dengan aplikasi aplikasi yang terinstall pada smartphone seperti film, buku, berita olahraga ,acara TV,nomer telpon, cuaca dll. Misalnya mengenai berita olahraga maka Google Now akan terhubung dengan aplikasi CNN dan aplikasi lainnya yang terkait. Fitur ini juga dapat anda nonaktifkan jika anda tidak membutuhkannya suatu saat.



2. Koneksi USB type-C

Android sebelum Marshmallow belumlah terpasang port koneksi USB type-C. Untuk pertama kali hanya ponsel terbaru versi Marshmallow seperti Google Nexus 5X serta OnePLus2 yang dipasang. USB type-C membuat ponsel lebih cepat dalam proses transfer data serta lebih cepat dalam proses charging baterai dan yang menarik ialah fungsi Multitasking yakni sebagai media perantara output video sekaligus proses charging berjalan secara bersamaan.

3. Pengaturan izin akses aplikasi menjadi lebih detail




Marshmallow membuat izin akses aplikasi saat proses instalasi sekarang ditanyakan dahulu kepada user secara satu persatu ketimbang dahulu yang langsung menanyakan izin akses secara bersamaan menjadi satu . Hal ini memberikan keuntungan buat user untuk dapat menghemat baterai serta menyimpan rahasia privasi user , contoh : Aplikasi Facebook saat instalasi menyakan izin akses terhadap daftar kontak anda maka anda dapat menolaknya dan mengijinkannya mengakses kamera anda saja. Dan jika user ingin mengecek aplikasi apa saja yang membutuhkan atau memiliki izin akses maka pergi menuju menu Setting>> lalu lakukan tap pada aplikasi yang diinginkan lalu>> tap cog icon lalu >>pilih application permission dan lakukan pengeditan izin akses.


4. Sidik Jari demi keamanan akses

Semenjak hadirnya Lollipop setiap hardware pihak ketiga sudah menambahkan kelengkapan fitur sidik jarinya namun dengan Andorid Marshmallow fitur sidik jari lebih disupport oleh inti sistem OS nya sendiri yang nantinya membuat fitur sidik jari tidak hanya tergantung pada sistem hardware ponsel pihak ketiga . Sistem ini sama seperti pada iPhone, Sistem keamanan sidik jari kini bukanhanya untuk membuka kunci ponsel tapi juga untuk kemananan aktivitas hal lain seperti membayar lewat Android Pay dll.

5. Pengaturan Volume lebih Variatif



Setelah penambahan fungsi volume Lollipop kini Marshmallow membuatnya lebih jelas lagi. Tekan tombol volume pada ponsel ke arah bawah untuk masuk ke Quiet Mode atau tombol anak panah pada notifikasi untuk pengaturan volume secara bebas. Tap pada tombol “Do not Disturb” untuk berpindah antara ke mode total silence, alarms only, dan priority mode (Lollipop). “Do not Disturb “ sekarang memiliki dua mode yakni complete silence dan priority (Lollipop). Mode Complete silence hanya membunyikan alarm secara default dan dapat ditambahkan bunyi reminder, pesan, telepon dan panggilan berulang.


6. Doze sebagai penghemat baterai

DDoze merupakan cara baru Android Marshmallow untuk menghemat daya baterai dimana seakan akan ponsel user memasuki airplane mode atau modus pesawat – masuk modus pesawat memang dapat menghemat baterai secara total namun semua pemberitahuan lainnya akan nonaktif, tapi dengan Doze pemberitahuan pesan dan panggilan penting dapat tetap aktif. Doze secara otomatis mendeteksi pergerakan yang akan mulai bekerja saat mengetahui ponsel atau tablet dalam kondisinya saat sedang tidak aktif ketika ponsel anda taruh di atas meja atau suatu saat tidak anda sentuh , Doze memotong proses pada background dan menambah rentang waktu update yang tidak begitu penting.
Dalam hal ini tidak ada pilihan pengaturan untuk menghidupkan atau mematikan fitur Doze namun Kini user dapat menikmati ekstra daya baterai karena ponsel dapat bertahan lebih lama lagi beberapa jam ke depan tanpa user melakukan tindakan apapun.



7. Tersedia tampilan website di dalam aplikasi

Fitur ini memang lebih ditujukan kepada para developer atau pembuat aplikasi namun para user dapat menikmati keuntungan hasil akhirnya, yakni Fitur baru Android Marsmallow yang disebut “Chrome Custom Tab” yang dapat membuat sebuah aplikasi menjadi lebih mudah dalam menampilkan websitenya tanpa harus menuju aplikasi browser yang membutuhkan loading yang berat seperti misalnya Mozilla, Opera atau Google Chrome. Disini pada aplikasi akan langsung tersedia dengan cepat display link sesuai dengan semua fitur standar aplikasi web browser Google chrome seperti misalnya tersimpannya password dalam browser dll.

8. Keakuratan dalam seleksi teks

Dalam Android Marshmallow saat user menseleksi sebuah teks maka secara otomatis sistem akan memperluas memilih satu kata secara keseluruhan sehingga menghemat waktu anda dalam berusaha menentukan seleksi kata kata di layar. Dan jika user masih membutuhkan seleksi per karakter user bisa juga menarik handle biru dari posisi depan atau belakang seleksi kata tadi. Hal ini cocok bagi user yang mengalami kendala dalam hal teks karena layar yang kecil serta jari yang relatif besar saat ingin membagikan sebuah kalimat yang tercantum dalam suatu website.

9. Aktivitas share atau berbagi pada aplikasi yang paling sering dipakai.



Salah satu Kemampuan Android 6.0 untuk mengerti user adalah dengan menyuguhkan fitur berbagi sesuai dengan aplikasi yang sering dipakai oleh si user. Jika user sering memposting sesuatu dari website menuju Facebook maka Marshmallow akan memberikan tautan aplikasi Facebook sebagai yang urutan yang pertama saat user ingin berbagi.


10. Akses Google Voice dengan cara usap ke kiri

Dengan Marshmallow Perubahan utama terjadi di layar kunci, sesuai tuntutan keinginan para user saat ini yang ingin bergaya hidup modern dan dinamis. Maka saat kondisi layar terkunci user mengusap ke kiri maka muncul Google Voice ketimbang dahulu muncul menu Dialler contact. Disini hasil pencarian lewat Google Voice tadi tidak akan muncul setelah user membuka kunci layar.

11. Akses menuju sistem UI Tuner.



Tarik ke bawah pada jendela notifikasi layar untuk menuju menu Quick Setting lalu tekan dan tahan Cog icon untuk mengaktifkan system UI Tuner. Merupakan fitur baru yang ada dalam Marshmallow sebagai fungsi untuk memindah , menghapus, icon yang nampak pada Quick Setting Pane dan ada juga pengaturan untuk menyembunyikan beberapa tampilan status pada status bar yakni mulai dari status modus pesawat hingga bluetooth dan user juga menonaktifkan tampilan persentase daya baterai.


12. Monitoring penggunaan Memory




Sudah sekian lama Android telah menyediakan tampilan informasi lebih kepada user mengenai informasi penggunaan baterai, status penyimpanan data dll. Dengan Android 6.0 ditambahkan juga detail status penggunaan memory RAM secara keseluruhan jug sebagai alat untuk mengecek aplikasi apa saja yang banyak memakan memory sistem dan selanjutnya user diperbolehkan untk dapat memutuskan koneksinya untuk pilihan 3, 6, 12 dan 24 jam ke depan.


13. Back up semuanya setelan di aplikasi
Jika versi Android sebelumnya mampu untuk membackup atau membuat cadangan data data penting anda seperti password Wifi , Gmail, Google Calendar dll ke dalam Google Cloud maka Marshmallow memberikan fitur tambahan back up lagi yakni dengan memberikan kesempatan kepada para developer untuk menyuguhkan fitur backup aplikasi mereka. Sehingga saat anda melakukan restore maka seluruh aplikasi akan kembali seperti sedia kala beserta pengaturan pengaturan yang telah anda lakukan sebelumnya. Jadi perlu ditegaskan lagi tersedianya fitur ini memang tergantung oleh para developer penyedia masing masing aplikasi.

Post a Comment

1 Comments