Subscribe Us

header ads

Nokia N8 (Symbian^3)

Nokia N8 adalah ponsel bermesin Symbian versi baru yakni Symbian ^3 OS. Merupakan ponsel yang bisa disejajarkan dengan ponsel – ponsel lain yang sedang berada diatas angin yakni seperti ponsel-ponsel smartphone berplatform Android dan iOS saat ini. Symbian ^3 OS memang merupakan hasil karya Nokia yang terbaru saat ini untuk menghadapi rival – rivalnya di level high-end. Versi Symbian^3 telah menggantikan versi Symbian^1 yang dirasakan kurang konsisten lagi bagi para usernya.


Nokia N8 saat ini tidak hanya mencolok dari sisi kemampuan kamera namun juga merupakan ponsel generasi Nokia pertama yang memiliki platform Symbian^3, generasi platform Symbian^3 merupakan teknologi terbaru Nokia untuk ponsel type smartphone yang mengalami perubahan pembaharuan terutama pada bagian UI framework (Avkon) yang ada sejak kreasi Nokia versi S 60 serta untuk berkompetisi dengan Android dan iOS saat ini.



Dengan versi Symbian ^3 ini performa Nokia lebih maksimal, user tetap dapat bermain game meskipun ada aktivitas browsing internet sedang berjalan di background serta kamera pada posisi terbuka- terasa memory 256MBnya belum cukup dihabiskan. Performa Nokia N8 menjadi lambat hanya saja jika sedang menjalankan aplikasi-aplikasi yang tergolong berat atau banyak sekali aplikasi yang sedang terbuka pada background.








Nokia N8 dalam kemasannya hadir dengan perlengkapan-perlengkapan tambahan yang sengaja dibuat lengkap bagi penggunanya guna menikmati fitur-fitur yang tersedia pada N8 : Charger Utama, kabel data USB( bisa juga dipakai sebagai proses charging), kabel miniHDMI untuk koneksi dengan HDTV set, buku manual, Headset serta kabel tambahan.







Kali ini Nokia membuktikkan bahwa kemampuan tampilan layar AMOLED Nokia dibawah sinar matahari langsung masih terbaca jelas pada N8. meski tidak seimpresif tampilan layarnya Samsung yang SuperAmOLED. Kualitas AMOLED nya memiliki kedalaman warna hitam serta saturasi warna yang bagus serta memiliki citra bersaing Memiliki ukuran layar yang bisa dianggap cukup besar. Disain model kelihatan seperti sebuah kamera digital tidak seperti layaknya smartphone pada umumnya akan tetapi kesannya solid disamping itu hanya memilki Bobot 135 gram – bobot yang cukup ideal buat ponsel smartphone.

Demi selera customernya Nokia N8 diberikan pula pilihan – pilihan style warna meanrik lainnya seperti Orange dan Hijau Muda.

Susunan tata letak UI mengalami perubahan lebih menampilkan fungsionalitas. Ukuran homescreen untuk pane diperluas menjadi tiga pane selanjutnya penggunanya dapat sesuka hati mengisi setiap panel dengan berbagai widget aplikasi-aplikasi.





Ciri khas Nokia, Susunan tata letak pada menu tidak mengalami perubahan tetap seperti format folder yang terletak di sisi sebelah dengan mode scrolling pane, format susunan Symbian^3 Nokia memang kelihatan berlawanan dengan smartphone yang lain seperti Android maupun iPhone.

Satu hal kekurangan yang tidak berubah pada versi Symbian^3 seperti pada versi Symbian^1 adalah pada mode input textnya, pada keyboard model virtual QWERTY N8 setiap mau menginput text, pengetikan teks dibawa menuju layar baru setelah itu kembali lagi setelah selesai mengetik teks sehingga rasanya membutuhkan langkah tambahan lagi-rasanya terlalu banyak langkah tambahan setiap mau mengetik teks-rasanya kurang simple.

Sayangnya pada mode portrait tidak terdapat QWERTY Keyboard hanya pada mode landscape.

Service Google agaknya lemah – dimana aplikasi Gmail adalah Java Client Kosong ( jika anda telah memakai Blackberry App maka anda dapat mengetahui seperti apa hal tersebut). Google maps telah di optimalkan untuk Nokia 5800 (terdapat banyak tempat yang tidak diketahui dalam map – sehingga menunjuk pada tombol nonexistent Send Button”) serta kemampuan Multitouch terasa kurang, Fitur Google Voice juga kurang optimal.





Tampilan Homescreen Nokia N8


Sekarang display Homescreen pada ponsel ini bisa lebih dari satu / multiple homescreen – mencapai tiga homescreen, setiap homescreen bisa diisi dengan widget sesuai keinginan.

Sejak dulu dalam hal kelengkapan hardware Nokia memang unggul, mereka senantiasa melengkapi ponsel dengan berbagai aksesoris yang cukup dapat memuaskan pelanggan. Hal itu dapat dilihat pada N8 kali ini menurut yang kami ketahui yakni diantaranya :

1. Nokia N8 sudah support fitur USB on-the-go jadi penggunanya dapat dengan mudah menghubungkan Nokia N8 dengan segala macam peralatan-peralatan lain yang mempunyai port USB dan bahkan bisa untuk mengakses memory ponsel lain.

2. Kelebihan aksesoris utama lainnya pada N8 adalah adanya kamera berkekuatan 12 megapeixels – lensa buatan Carl Zeiss yang mempunyai kelas optik level atas - yang dilengkapi juga dengan fitur Xenon Flash untuk penangkapan gambar. Perusahaan Nokia dan Carl Zeiss telah bergabung sejak 2005 sehingga mereka menawarkan kualitas hasil gambar yang mengesankan pada kamera ponsel. Kamera 12 Megapixel ini terbungkus dalam sebuah kaca pada bagian depan - tidak memiliki cover sebagai pelindungnya akan tetapi Nokia mengklaim bahwa kaca tersebut sudah cukup kuat untuk menahan dari sentuhan-sentuhan kasar.

3. Dalam hal konektivitas serta penyimpanan dalam handset ini sudah terdapat pilihan-pilihan yang cukup lengkap diantaranya WiFi 802.11n, Bluetooth dengan A2DP, support USB on-the-go, memory internal 16 GB serta apabila kurang bisa ditambah pakai MicroSD sampai 32 GB, GPS ( baik real view maupun yang tampilan standart) serta fitur-fitur tambahan lainnya seperti Light and Proximity Sensors, dll.

4. Tak heran Gadget mahal anda harus diberi pelindung pasalnya Nokia N8 hadir dilengkapi dengan sebuah kaca layar yang bernama Gorilla Glass Screen, dengan adanya Gorilla Glass maka bagian depan N8 tidak terdapat bekas goresan sekalipun pernah terjadi goresan dari benda-benda kasar – bisa dijamin kepastiannya N8 bisa keluar – masuk saku dengan aman tanpa bekas goresan. Gorilla Glass Screen telah banyak mendapat salutan pujian semenjak hadir pada Motorolla Droid berberapa periode yang lalu.

5. Adanya Koneksi port HDMI untuk menampilkan video dari dalam N8 menuju peralatan cinema projector di rumah anda. Atau mau melihat serta mengakses fitur – fitur Nokia N8 kedalam tampilan yang lebih besar yakni pada sebuah HDTV (High Definition TV) seperti web browsing, melihat foto, buka aplikasi OVI, Video playback/music playback, dll.

6. Selanjutnya dibawah layar Gorilla terdapat 3.5 inchi AMOLED Display yang mempinyai resolusi 640 x 360 – yang memiliki keakurasian warna serta saturasi.

Nokia telah banyak memiliki sejarah panjang dalam hal kamera ponsel pada seri-Nnya – semua seri N tersebut menjadi ingatan tersendiri bagi penggunanya. Nokia N95 memiliki fitur kamera berstandar yang biasa sejak diluncurkan tahun 2007 silam namun masih memiliki fitur kamera yang cukup mengesankan sampai sekarang. Sejak saat ini terjadi peningkatan yang bisa dibilang cukup siginifikan kini Kamera Nokia pada N8 telah diperbesar menjadi 12 Megapixels dengan dukungan Lensa Autofocus Carl Zeiss, mechanical shutter, Xenon Flash – Nokia N8 merupakan ponsel kamera yang fenomenal sehingga memiliki daya saing lebih dalam hal kamera ponsel bagi para pesaingnya. Hasil kamera N8 menciptakan gambar begitu lebih detail serta begitu natural (memang kamera N8 difokuskan pada faktor kedetailan) ,saat malam hari begitu lampu Flash dinyalakan maka fitur Xenon Flash siap mengambil gambar dalam jarak sampai dua meter dan hasilnya cukup fantastis. Dalam kamera juga terdapat fitur noise reduction serta tak lupa hal yang berpengaruh penting dalam kamera ponsel yakni fitur auto focus agar hasil jepretan lebih terarah pada sasaran.

Hasil rekaman Video juga mengesankan dengan kemampuan baca 720 Pixels pada 25fps mengalahkan Motorolla Droid X. namun hasil akhir rekam video masih kalah dengan iPhone 4 dan Samsung Wave yang kedua-duanya pada 30 fps. Selain memiliki fitur autofocus dalam kamera N8 juga menggunakan system Hyperfocal yakni menjaga obyek untuk tetap dalam fokus pandangan mulai dari jarak 60 cm sampai tak terbatas. Suara yang terekam juga dalam format stereo serta terdengar keras dan jelas meski proses rekaman dilakukan ditempat suasana yang ramai.

Meski tampilan interface kamera tidak sesimpel seperti pada iPhone 4 atau Samsung Galaxy S, namun buat para pemakai symbian lebih terkesan intuitif dalam jangka lama serta menyediakan banyak menu setting yang cukup berguna seperti : kontrol Flash, scene mode, face detection, contrast setting, color tone, ketajaman, white balance, ISO (100/400/800).

Performa Speaker Audio pada N8 diantaranya kualitas panggilan masih dibawah rata-rata apabila dibandingkan dengan iPhone 4. Meskipun seperti itu, Nokia N8 memiliki kualitas Audio yang lebih alami daripada sebelumnya. Nokia telah membuktikkan perhatiannya pada bagian tersebut. Suara speaker audio cukup keras sesuai ukurannya yang besar – terdengar nyaring suara terpantul saat ponsel berada diatas permukaan yang rata. Untuk mendengar musik sendirian telah disediakan headset buatan Nokia yang dilengkapi juga dengan remote pemindah lagu ( in-line remote ) ditambah juga dengan sebuah built-in fungsi mic. Nokia N8 juga hadir dengan versi terbaru OVI Store versi 2.0.

Jaringan
2G Network : GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G Network : HSDPA 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100
Data
GPRS :
Class 33 kbps
EDGE :
Class 33 kbps
3G :
HSDPA, 10.2 Mbps; HSUPA, 2 Mbps
WLAN :
Wi-Fi 802.11 b/g/n, UPnP technology
Bluetooth :
Versi : v3.0 dengan A2DP
USB
microUSB v2.0, USB On-the-go support
Sound
Speakerphone
3.5 mm Audio Jack
Tipe Nada Panggil
Getar; Ringtone : MP3, WAV
Kamera
Utama
Resolusi : 12 MP, 4000x3000 pixels
Carl Zeiss optics,
LED : Xenon flash, autofocus
Fitur : 1/1.83'' sensor size
ND filter, geo-tagging, face detection
Kedua
VGA - untuk videocall
Video
720p@25fps
Display
Type
AMOLED capacitive touchscreen,
16 MB colors
Ukuran : 3.5 inci
Resolusi : 360 x 640 pixels,
Fitur Lain :
- Multi-touch input method
- Proximity sensor for auto turn-off
- Accelerometer sensor for UI auto-rotate
- Scratch resistant Gorilla glass display
Disain
Ukuran
113.5 x 59.1 x 12.9 mm, 86 cc
Bobot
135 g
Warna
Dark Grey, Silver White, Green, Blue, Orange
Memory
Phonebook
Tak terbatas, Fitur : Photocall
Rekaman Panggilan
Maksimal 30 Hari
Internal Memory Penyimpanan
16 GB
CPU Memory
256 MB RAM, 512 MB ROM
Card Slot
microSD --> 32 GB
Software
OS / Sistem Operasional
Symbian^3 OS
CPU
ARM 11 680 MHz processor, 3D Graphics HW accelerator
Fitur-fitur
Perpesanan
SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
Browser
WAP 2.0/xHTML, HTML, RSS feed
Game
Tersedia + Downloadable
GPS
A-GPS support; Ovi Maps 3.0
Radio
Stereo FM radio + RDS; FM transmitter
Java
MIDP 2.1
Lainnya
-MP3/WMA/WAV/eAAC+ player
-DivX/XviD/MP4/H.264/H.263/WMV player
-TV-out (720p video) via HDMI with Dolby Digital Plus sound
-Anodized aluminum casing (aluminum + cat anti gores )
-Digital compass
-Active noise cancellation with a dedicated mic
-Document viewer (Word, Excel, PowerPoint, PDF)
-Voice command/dial
-T9
-Voice memo/dial/command
-Video/photo editor
Baterai
Standard battery, Li-Ion 1200 mAh (BL-4D)
Standby : 390 jam (2G) / 400 jam (3G)
Waktu Bicara : 12 jam 30 mnt (2G) / 5 jam 30 mnt (3G)
Music Playback : 50 jam

Post a Comment

0 Comments