Subscribe Us

header ads

Cara uninstall / menghapus aplikasi di Blackberry

Pada beberapa kasus Blackberry mampu dianggap sebagai pengganti buat ponsel-ponsel PDA dan bahkan laptop. Blackberry telah dibekali dengan program – program yang canggih, namun dalam hal tersebut terdapat pula aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai atau tidak begitu berguna. Salah satu hal terpenting yang mesti dilakukan yakni bagaimanakah caranya membuang aplikasi-aplikasi yang tidak diinginkan dan anda tidak mempunyai pengetahuan untuk menggunakan aplikasi tersebut.


Metode-metode melakukan remove


Terdapat beberapa cara untuk membuang aplikasi-aplikasi yang tidak diinginkan pada peralatan Blackberry. Ada yang secara langsung melalui peralatan Blackberry sendiri dan ada yang dengan melibatkan komputer dan sebuah program yang disebut Blackberry Dekstop Manager. Apabila ingin meremove aplikasi-aplikasi menggunakan komputer maka dibutuhkan koneksi dengan memakai kabel data mini USB.

Blackberry Desktop Manager

Hal yang pertama kali dalam langkah remove aplikasi-aplikasi pada Blackberry lewat komputer yakni program Blackberry Dekstop Manager harus terinstall terlebih dahulu dalam komputer. Program ini memiliki banyak fitur yang bisa memberikan variasi pada Blackberry, program yang seharusnya anda mempunyainya meskipun jika anda tidak mau melakukan remove aplikasi-aplikasi pada Blackberry. Software ini dapat didownload secara langsung dari website Blackberry sendiri.
Jika komputer anda mempunyai OS Windows XP atau Vista maka install terlebih dahulu USB Driver untuk Blackberry anda. Namun jika komputer anda mempunyai OS yang berbeda maka download juga USB Drivernya yang tersedia juga di website Blackberry.
Setelah software serta USB Driver terinstall dalam komputer selanjutnya tancapkan ponsel ke komputer memakai kabel data mini-USB dan secara otomatis komputer akan mengenali jenis peralatan anda yang ditandai dengan munculnya pop-up kecil di bagian taskbar komputer anda. Setelah komputer selesai mampu mengenali peralatan yang dihubungkan berarti komputer sudah siap merespon maka sudah saatnya kita bisa membuka program Blackberry Dekstop Manager.
Setelah itu menuju menu utama yang terdapat fungsi :

Media Manager : bagian untuk pengaturan ring tone, video dan gambar termasuk didalamnya fungsi untuk transfer serta menghapus dari dan ke.
Application Loader : bagian ini yang kita pakai untuk melakukan uninstall atau membuang program-program dari Blackberry bagian ini mencakup fungsi instalasi dan remove/uninstall.
Backup and Restore : bagian ini dipakai untuk melakukan back up data-data termasuk data kontak, kalender, tugas-tugas dan memo.
Device Switch Wizard : bagian ini dipakai untuk membantu transfer data dari peralatan lain ke Blackberry begitu pula sebaliknya dikala anda membeli ponsel baru.
Syncronize : bagian ini dipakai untuk transfer E-mail dan organizer data.
Syncronize Certificates : bagian ini dipakai untuk transfer sertifikatasi serta keys pada setiap aplikasi – aplikasi atau program-program yang telah ada pada Blackberry yang anda beli.


Menambah, Remove serta Update menggunakan Application Loader

Dalam menu application loader terdapat lagi dua pilihan menu :
Pilih Add/Remove pada tombol START
Add/Remove Applications dan Update Applications
Pilih Add/Remove Applications dengan cara menekan tombol START

Loading bar akan nampak dan program akan mengumpulkan semua aplikasi yang terinstall dalam peralatan. Setelah selesai lalu nampak semua aplikasi-aplikasi yang telah terinstall dalam Blackberry.
Untuk melakukan remove cukup sederhana yakni dengan menghilangkan tanda centang pada box yang mempunyai nama program atau aplikasi terkait lalu klik continue. Selanjutnya
Blackberry Dekstop Manager akan membuang aplikasi serta melakukan soft reset pada Blackberry untuk menyelesaikan proses.

Uninstall secara langsung dari Ponsel Blackberry

Proses ini mudah diingat, tahapannya adalah :

Menu (Blackberry Menu Button) > Options > Advanced Options > Applications

Progress bar akan muncul saat proses loading menampakkan daftar program-program yang terinstall. Setelah nampak semua program dalam screen caranya cukup sederhana yakni dengan memilih nama program dengan menggeser scroll memilih daftar program yang ingin dihapus. Setelah menemukan program yang diinginkan untuk dihapus selanjutnya tekan tombol menu disebelah kiri
lalu muncul beberapa pilihan yang tergantung dengan type Blackberry yang anda miliki lalu scroll kebawah menuju pilihan delete lalu klik, lalu pilih yes jika yakin ingin menghapus aplikasi maka dengan segera aplikasi jadi terhapus.
Perlu diperhatikan bahwa terdapat juga aplikasi-aplikasi inti pada Blackberry yang tidak bisa dihapus yakni menu delete tidak muncul pada aplikasi/program terkait.





Artikel Terkait


Post a Comment

0 Comments