Subscribe Us

header ads

PERBEDAAN ANTARA VGA DENGAN QVGA


VGA merupakan kepanjangan dari Video Graphic Array yakni sebuah standart tampilan yang pertama kali dibuat oleh IBM  untuk kepentingan sistem komputerisasi mereka pada tahun 1987,VGA memiliki resolusi sebesar 640x480 pixels.

karena kualitas tampilan sebuah image tergantung pada banyaknya pixel-pixel maka tampilan layar VGA lebih solid karena menyajikan kepadatan warna lebih dengan metode menggunakan empat pixel untuk menyajikan satu pixel, selain itu juga tampilan layar VGA sendiri dapat menstimulasi seperti ukuran QVGA atau istilahnya downscaling yakni dapat diperkecil menuju ukuran QVGA,  sedangkan kebalikannya QVGA tidak dapat diperbesar tampilannya menuju VGA. 


Standart VGA dahulu biasa digunakan pada monitor komputer, hingga saat ini penggunaan VGA mulai berkurang karena adanya standart tampilan resolusi yang lebih besar seperti Super VGA atau SVGA yang memiliki resolusi 800 x 600 pixels hingga 1024 x 768 pixels. 
Contoh hasil rekaman video dari ponsel kualitas VGA yang diputar di komputer

Sedangkan QVGA merupakan kepanjangan dari Quarter VGA atau merupakan ukuran separuh seperempatdaripada VGA yang memiliki resolusi sebesar 320x240 Pixels. QVGA merupakan standart turunan dari standart VGA.
karena ukuran standart display resolusi yang kecil maka QVGA biasa dipasang pada peralatan-peralatan yang mudah digenggam seperti ponsel maupun kamera digital, QVGA pada layar terpasang pada tampilan mode portrait atau vertical.

seiring dengan kemajuan serta tingkat persaingan dalam dunia ponsel yang semakin tinggi maka standart VGA pun akhirnya dipasang pada kebanyakan peralatan ponsel saat ini.


Kesimpulan :

  • kamera Video ponsel yang memakai standart VGA jelas menghasilkan file rekaman video dengan kualitas tampilan lebih besar dan baik daripada standart QVGA.
  • file video dengan format mp4 atau file video dengan ukuran resolusi yang besar tidak dapat dimainkan pada ponsel yang hanya memiliki standart video QVGA, sehingga anda perlu melakukan konversi misalnya konversi dahulu menuju file video dengan format yang lebih kecil misalnya 3GP

Post a Comment

2 Comments